Minggu, 16 Februari 2014

Ujian Tanah Air


Assalamualaikum.

HAI !!!
To the point aja. Pernah ngerasa ga punya manfaat buat orang lain? ngerasa hidup gitu-gitu aja flaaaaat, rata ga ada sesuatu yang bikin hati greget?

Nah! Itu dia yang baru-baru ini saya rasakan. Kadang suka mikir, umur udah 20++ gini, kuliah udah semester akhir. Tapi belum pernah melakukan apapun yang "agak" berarti buat orang lain. selama ini Cuma main, kuliah,belajar, ngerjain tugas , praktikum, laporan, praktikum lagi, laporan lagi,gitu-gitu aja terus sampe matahari terbit dari barat (read: kiamat)

ngomong-ngomooong....Bulan Ferbuari ini agak sedih ya kalo nonton berita di TV, isinya bencana alam semua, dari mulai banjir, gunung meletus di Sinabung, erupsi di gunung Kelud, korupsi, banyaaaak. kadang suka ga ngerti sama apa yang sedang terjadi di Indonesia tercintaaahh ini. sedih ngeliat banyak korban-korban bencana yang lagi pada ngungsi, gue jd inget sama pengalaman beberapa minggu lalu pas jd sukarelawan di posko banjir daerah Kp. Pulo Jakarta.


            yang kiri foto pengungsi korban Sinabung, kanan Foto hujan abu gunung Kelud :(
oiya, sebelumnya pada tau kp pulo kaaan? Kalo punya tv di rumah pasti taulah cerita-cerita banjir yang lagi nge-hiiiits abiiis di Indonesia raya ini.
waktu itu gue dapet tawaran dari kampus buat jadi relawan yang ngebantu dibagian posko kesehatan di pengungsian tersebut. Gue kebagian jaga posko hari Minggu di shift 2 dari jam 2 sampe jam 8 malam. Jaganya bertiga bareng Suci dan Diana. Kerjaannya ngapain aja? Yaaa sesuai sama kemampuan gue dong. Gue mahasiswa kesehatan yang kuliah di jurusan farmasi, jadi disana gue ditempatin diposko kesehatan bagian obat-obatan, diposko itu jaga bareng petugas dari suku dinas kesehatan dan juga dari RSPAD,  kerjaannya ya gitu deh, nyiapin resep yang ditulis sama dokter, oiyaa dokternya cakep-cakep banget deh, masih muda dan baik-baik bangeeet.  Ga pernah marah kalo gue lagi nanya tentang obat yang gue ga ngerti diresep yang mereka tulis. Haha  :D

Okeokee, kebanyakan basa basi. Gue mau langsung cerita aja gimana dan ngapain aja pas di posko kemarin.

Jadi karena gue jaga jam 2, gue pun berangkat dari rumah jam 8 pagi. Kenapa pagi banget? Karena hari itu gue lagi ada di rumah (Bogor) niatnya gue mau kekosan dulu di Salemba buat  nyimpen laptop sama barang-barang gue yang lain  biar ga ribet dan berat. Kan ga lucu kalo gue dateng keposko bawa barang banyak-banyak di tas, yang ada gue dikira pengungsi baru yang mau ikutan ngungsi di Kp.pulo.

Tapiiii, udah berangkat jam 8,tetep aja gue nyampe di kosan jam 12. Iya benar sodara-sodara, jam duaa belaaaass.  Dari rumah ke Salemba aja 4 jam perjalanan, macetnya minta ampuuun, dari halte kp Melayu ke halte kebon pala aja yang biasanya 8 menit nyampe, eh ini 1 jam baru sampe. Pheeelis bangeeet kalo bisa jalan kaki, mending gue jalan kaki deh. Sayang aja waktu itu gue naik busr tranjakarta jadinya ga boleh berhenti ditengah jalan kalo bukan di haltenya. Ppfft banget lah, macet parah gara-gara jalanannya dipake buat jadi posko tempat tinggal korban-korban banjir, jadinya jalanan sempit dan macet. Keong lagi ngesot aja lebih cepet nyampenya dari pada bus TJ bermesin canggih yang gue naikin. Sedih bangeeet :((( rasanya pengen teriak...

 “ YA  ALLOH KIRIMKAN KUDA PUTIH BESERTA PANGERANNYA UNTUK MENJEMPUTKU DI TENGAH KEMACETAN INI !!!” 
tapi sayang, kuda putihnya ga dateng, pangerannya apa lagi :( *lanjutin pasrah didalem bus TJ*

Tapi yaudah lah yaaa, lupakan masalah macet-macet itu. Intinya pas sampe kosan gue langsung buru-buru nyimpen barang terus makan yg banyak buat isi tenaga dan jam 1 langsung brangkat ke medan peperangan *wailah lebay banget padahal Cuma ke kp.pulo doang*

Disana gue langsung ke ruang gadar (gawat darurat) ketemu pihak dari sudinkes dan akhirnya gue ditugasin buat jaga diposko depan (hari itu ada 2 posko, depan dan belakang)
Okee, gue jaga deh disana. Ga terlalu rame yang berobat, dari pagi aja Cuma ada 90 resep dan pas gue jaga dari jam 2 sampe jam 4 Cuma dapet 10 resep. Selama jaga di depan aman-aman aja, ga ada yang sakit parah. Sampe akhirnya dokter minta istirahat buat solat ashar,  yaudah deh gue sama temen gue solat ashar dulu,  kita nyari-nyari tempat solat, dan akhirnya numpang solat di puskesmas Jatinegara.

Pas balik solat, tau-tau posko udah sepi. Dokternya ga balik-balik lagi, mungkin udah pulang.  Akhirnya gue sama Suci dan Diana duduk-duduk aja jaga obat-obatan. Akhirnya kita dipindahin ke posko depan, daaan…disana pasiennya lebih rame banget dibanding posko belakang, baru duduk bentar, resep obat udah berdatangan terus minta di ladenin. Ampun deeeh di posko banyak bgt orang sakit, ga tegaaa

 Oiya disana ga Cuma kita aja yang jadi relawan, tapi banyak mahasiswa dari kampus-kampus lain yang datang ngasih bantuan, banyak  juga stasiun TV yang ngeliput tentag banjir. hmmm, di posko juga banyak artis, biasalaah ngasih bantuan gitu mereka. Macem-macem bentuk bantuannya, dari barang-barang logistic bahkan sampe ada juga yang sulap di depan anak-anak kecil. haha kocak anak-anak kecilnya pada ketawa-ketawa.


Ini lagi duduk-duduk nunguin obat pas dokternya lagi pergi.
  


 Yang ini tau-tau difotoin sama temen pas lagi ngepoin relawan yang  pada sulap di samping tenda.
Muka gue serius amat. Nonton sulap apa nonton horror -__-
Dan pas lagi ga ada kerjaan gitu.tau-tau ada anak-anak pengungsian yang nyamperin kita. Mereka lucu-lucu banget, supel banget, cerewet, banyak nanya, tapi kocak. Mereka dateng ke posko, nanya-nanya “kaka lagi ngapain? “ kaka siapa? “ kaka sekolah dimana?” dan banyak lagi deh pertanyaan mereka.



Pas baru dateng ini bocah-bocah wangi banget minyak telon loh, mereka baru pada abis mandi. wangi khas anak-anak bangeeeet :D


 ini bocah pas dateng tau-tau ngajak kenalan dan dia minta di dongengin. Serius deh minta didongengin. Dongen apaan coba kan? Gue taunya Cuma cerita tukang bubur naik haji doang, itu juga kaga sampe tamat

Akhirnya mereka ngajak maen domikado, tau kaan? Itu loh maenan pas SD dulu,yang pake tangan itu, yang lagunye “ domikado Mikado eska, eskado, eskado bela beli, tu, wa,ga pat!” gitu deh, ah masa ga tau. Ga pernah SD apa gimana?





Ini pas gue kalah, gue digebukin sama si villa, kecil-kecil tenaganya kuat banget kaya agung Hercules. dipukul berkali-kali. Tangan gue sampe merah-merah.


Ini pas gue ajak foto barengan buat kenang-kenangan. Gak nyangka, kirain mereka malu-malu, eh malah mereka yg narsis.hampir muka gue ga keliatan -__-

Oiyaaa!pas lagi diposko mereka sempet nanya gini “kak, kakak jomblo ya? Ga punya pacar ya ? mau ga sama abang aku,namanya bang yudit”
Haha gue sama Diana suci Cuma ketawa-ketawa aja dengernya, yasalaaam bocah kecil aja sampe tau kalo kita jomblo, segitunya kah sampe bisa keliatan gitu jomblonnyaaaa ckck

Tapi sedih deh,pas lagi asik-asiknya main, tau-tau mereka dipanggil sama mamanya buat ngantri makan didapur umum.mereka lagi pada mau makan sore. Yaaaah jd pisah deeeh.

Tapi sebelum pergi,mereka minta no HP kita dulu. Haha lucu bgt dah ah itu bocah



itu si Villa kaya nangis padahal lagi nahan geli ditangan gara-gara pulpen,  Kata villa “kak jangan pelan-pelan nulisnya aku malah geliii “ haha

Gue : “ kalian minta nomer hp, emang pada dibolehin main hp sama bapaknya? Kan masih keciiil”



Tita : “ ih tenang aje kak,ntr kalo bapak aku lagi meleng, kan bisa kite pake ye hapenya,jangan bilang-bilang,jangan sampe bapak tau, iye ga villa?”



Villa :”iye bener kak, entar bales ye smsnya”  haha mereka masih bocah ngomongnya bahasa betawi bangettt, gemeeessshh!:*



 

Duh meskipun pas di posko depan banyak banget pasien dan ngeladenin berlembar-lembar resep dokter, tapi Alhamdulillah banyak bocah bawaannya jadi ketawa mulu, mereka polos-polos banget dah ah, ga ngerti lagi gueee.haha
Dokter-dokter disana aja pada pasrah pas stetoskopnya di maenin sama anak-anak pengungsian,  dokternya sabar-sabar bgt ! :D

Oiyaaa, selama ngobrol sama villa dan titta, gue jadi tau apa yang sebenernya anak-anak kecil pengungsian rasain. Meskipun mereka masih kecil belum ngerti apa-apa, sebenernya mereka ngerasa sedih banget ada dipengungsian gitu, soalnya tita sama villa bilang mereka kangen rumah, kangen sekolah, dia sedih kalo harus sekolah ga pake seragam, dia bosen tidur dempet-dempetan di posko, banyak nyamuk katanya, dia pengen buru-buru air di rumah surut, dia mau pulang, mau pulang ketemu kamar dia lagi. Ini serius loh yaaa, villa sendiri yang bilang gini ke gue pas lagi cerita, ini bukan perkataan dari media ataupun gue melebih-lebihkan. Ini asli dari cerita seorang anak korban banjir yang hidup desek-desekan dipengungsian.

Jujur, masuk pengungsian itu sesek bangeeet, tidurnya Cuma dialas karpet plastic sama terpal. Anak bayi, balita, lansia,semua tidur ditempat begituan, banyak yang masuk angin. Banyak yang minta tolak angin sama minyak kayu putih pas gue jaga di posko. Pas masuk ke area pengungsiannya aja semua wangi ngumpul jd satu, ga nyaman banget ya Alloh….

Asli deh, jaga posko kemarin itu bener-bener pengalaman bgt. Selain bisa ngebantu yg membutuhkan dengan ilmu seadanya yang gue punya, gue juga jadi tau gimana rasanya siang-siang gerah dipengungsian, dan malem-malem dingin dipengungsian, laper, susah air bersih,susah tempat solat,mau ngecas HP pun susah, mau tidur berisik, mau duduk sempit. Ya Alloh ga enak bangeeet jd mereka. Semoga banjir ini cepet-cepet berlalu, semoga hujan bisa cepat berganti dengan cerah, tetep sabar yaaa saudara-saudara ku yang kebanjiran, yang kena gunung meletus. badai akan segera berganti dengan pelangi, insyaAlloh :)





Sumber Gambar :
-Foto pengungsian sinabung

http://news.liputan6.com/read/800578/25-gaji-pokok-anggota-dpr-dipotong-untuk-bantu-korban-sinabung

-Foto erupsi gunung kelud http://lipsus.kompas.com/topikpilihanlist/2963/1/gunung.kelud.siaga

-Foto-Foto lainnya dokumentasi pribadi.





8 komentar:

  1. Rasanya pengen banget bisa ikut jadi relawan gitu..

    @asysyifaahs
    bit.ly/kakbiblog

    BalasHapus
  2. Anak kecil memang gitu ya, polos-polos bahkan dalam keadaan sedih mereka tetep ceria :')

    BalasHapus
  3. Saya juga lagi galau soal umur 20an ini. Entah kenapa lagi kurang semangat ngevolunteer.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat rif, umur 20-an ga boleh disia-siakan :D

      Hapus
  4. Kak, kakak jomblo ya? mau gak sama aku #eh
    Gue pengen deh jadi relawan kayak gitu. Liat di tipi aja kasian, gimana liat langsung ya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus cobain jiii, ini gue perdana ikut beginian, eh ketagian haha

      Hapus